Mungkin sebagian sobat pembaca baru mendengan istilah algoritma.algoritma adalah serangkaian susuna logika berfikir dari sebuah sistem yang biasanya di ungkapkan dalam bentuk kode atau script tertentu. jadi, Algoritma Shopee Berarti Sebuah susuna logika berfikir yang di jalankan oleh sistem shopee yang memberikan pertitah bagaimana sistem tersebut akan berjalan.

Hal tersebut perlu sobat seller shopee pelajar penjualan produk sobat di toko online shopee mendapatkan hasil yang maksimal , terutama di dalam sistem pencarian shopee. Karena setiap user shopee akan mencari produk yang mereka perlukan melalui halaman pencarian shopee. untuk itu sobat perlu mempelajari algoritma halaman pencarian produk di shopee.

Faktor Yang mempengaruhi Algoritma Halaman Pencarian Produk Shopee Terbaru di tahun 2022
Faktor Yang mempengaruhi Algoritma Halaman Pencarian Produk Shopee Terbaru di tahun 2022

Faktor Yang mempengaruhi Algoritma Halaman Pencarian Produk Shopee Terbaru di tahun 2022

1. Kesehatan Toko.



Hal pertama yang akan mempengaruhi algoritma produk yang menentukan posisi produk sobat di halaman pencarian shopee adalah kesehatan toko. biasanya kesehatan toko akan di pengaruhi oleh beberapa diantaranya , jumlah pembatalan pesanan , dan waktu proses pesanan di shopee.

2. Kecepatan Pengiriman.

Untuk hal kedua yang harus perhatikan untuk mempengaruhi algoritma shopee agar produk sobat mendapatkan posisi yang baik di halaman pencarin shopee adalah kecepatan pengiriman.Kecepatan pengiriman akan menjadi faktor yang menjadi kepuasa para user pembeli produk di shopee, oleh karena nya pihak shopee akan menurunkan posisi produk yang memiliki kecepatan pengiriman yang buruk , dan sebaliknya pihak shopee memberi algoritma untuk menaikanposisi produk seller yang memiliki kecepatan pengiriman baik. Hal tersebut di lakukan shopee untuk mendapatkan kepercayaan dari para user setia shopee.

3. Respon Chat.

Respon chat juga akan menjadi faktor yang mempengaruhi alogaritma halaman pencarian shopee. respon chat yang baik dan cepat akan menjadikan kualitas performa chat sobat di shopee . untuk menjaga hal tersebut sobat perlu selalu standby agar setiap chat yang masuk ke akun seller shopee sobat bisa segera di balas dengan cepat.

Baca juga :  Tips Jualan Laris di Tokopedia Dengan Fitur Terbaru tahun 2022

4. Judul Produk.

Faktor ke empat yang mempengaruhi alogaritma halaman pencarian shopee adalah judul produk, judul produk yang sobat berikan kepada produk yang sobat jual akan menjadi salah satu faktor penentu algoritma halaman pencarian produk shopee. untuk itu sobat perlu memberikan juduh yang memiliki kata kunci yang relevan dengan produk yangt sobat jual.

Baca juga : 11 Formula Optimasi Judul Produk Shopee serta Membuat Cara Riset Nama Shopee agar Mucul di Halaman Pencarian 

5.Jumlah Klik Produk Yang Rendah.

Jumlah klik akan mempengaruhi algoritma halaman pencarian produk di shopee, semakin besar jumlah klik dari suatu produk akan semakin baik juga posisi produk tersebut di dalam sebuah halaman pencarian kata kunci shopee. saran saya untuk sobat pemula harus sering melakuka share produk ke akun sosial median sobat agar mendapatkan banyak klik ke halaman produk sobat.

6. Rasio CTR Yang Rendah.

Mungkin sebagian sobat seller pemula di shopee akan sangat asing dengan yang dinamakan CTR, CTR adalah rasio dari jumlah tayang/tampil didi banding dengan jumlah klik. semakin bagus rasio klik  produk sobat di banding dengan jumlah tayang produk, akan mempengaruhi algoritma halaman pencarian shopee yang menentukan posisi produk sobat. Untuk itu sobat perlu melihatnya pada halamat Bisnis saya di akun seller shopee sobat. Agar mendapatkan hasil yang maksimal sobat perlu mengoptimalkan foto dari produk sobat agar lebih terlihat menarik di mata calon pelanggan.

7.Popularitas Produk Yang Rendah.

Ternyata sobat popularitas produk shopee sobat bisa mempengaruhi algoritma halaman pencarianshopee yang menyebabkan posisi produk yang sobat jual di shopee meningkat atau menurun, sobat bisa melihat popularitas produk yang sobat jual di shopee dari jumlah like dan share pada produk sobat di halaman produk sobat di shopee.

8.Jumlah Konversi Produk Yang Rendah.

Jumlah transanksi penjualan yang masuk di bandingkan dengan jumlah klik produk dinamakan dengan konvesi penjualan. semakin bagus konversi penjualan produk sobat akan mempengaruhi Algoritma shopee yang menentukan posisi produk sobat, untuk konversi yang ideal adalah 2% menurut data yang di berikan shopee pada beberapa live streming kampus shopee.

Baca juga : Peluang Bisnis Dekorasi Pesta Pernikahan Beserta Cara Memulainya Gar Mendapatkan Keuntungan Fatastic

9.Ulasan & Rating.

Ulasan dan rating produk sobat juga adalah hal yang penting semakin bagus rating dan ulasan produk sobat makan akan meningkatkan kepercayaan dari algoritma shopee untuk merekomendasikan prouk sobat kepada calon costumer, untuk itu segala aspek perlu sobat perhatikan diantaranya, kualitas produk, packing produk, kecepatan proses pesanan, kecepatan waktu pengiriman, dan pelayanan kepada para pelanggan  akan menentukan tingkat kepuasan dari para pembeli di shopee.

10.Jumlah Pesanan.

Cara yang ke sepuluh adalah jumlah pesanan, jadi sobat semakin banyak jumlah pesanan akan semakin meningkatkan posisi produk sobat karena hal tersebut mempengaruhi algoritma dari mesin pencarian halaman produk shopee. namun untuk sobat pemula yang baru berjualan di shopee, sobat tidak perlu merasa putus asa karena masih ada beberapa faktor yang sebelumnya telah saya sebutkan tadi untuk dapat sobat maksimalkan. sebagaitambahan untuk sobat pemula coba berikan diskon dan coba lakukan iklan kata kunci pada produk sobat agar segera mendapatkan transanksi penjulan di shopee , Karena Hal tersebut adalah salah satu faktor yang mempengaruhi algoritma halaman pencarian produk shopee di tahun 2022 ini.