Cara Membuat  Surat Lamaran Kerja Agar Kamu Cepat Diterima.


Inilah, Cara Membuat  Surat Lamaran Kerja Agar Kamu Cepat Diterima.

 

Pekerjaan merupakan salah satu tujuan banyak orang setelah menempuh pendidikan bertahun-tahun. Dari pekerjaan Sobat akan mendapatkan gaji, penghasilan, jabatan, karier bahkan pasangan.

 

Bisa dikatakan bahwa pekerjaan yang tentu saja memberikan kualitas yang bagus bisa membawa masa depan Sobat menjadi lebih baik dan cerah.

 

Banyak masyarakat Indonesia bahkan di dunia membekali diri dengan berbagai pelajaran yang ada dan ilmu yang ditempa sedalam-alamnya agar bisa bekerja dan mendapatkan lahan pekerjaan yang luar biasa bagus dan berkualitas. Sayangnya banyak orang yang masih terkendala akan lamaran atau proses melamar pekerjaan.

 

Apa itu Melamar Pekerjaan dan Lamaran Pekerjaan?

 

Bagi Sobat yang baru saja lulus sekolah dan masih belum paham, melamar pekerjaan merupakan sebuah kegiatan yang sudah pasti dilakukan orang yang sedang mencari pekerjaan. Sobat melakukan penawaran diri terhadap kompetensi yang dimiliki atau pada sebuah perusahaan. Hal tersebut bisa dituangkan dalam sebuah kertas resmi atau dokumen resmi yang ditsobattangani dan proses wawancara.

 

Umumnya lamaran ini diberikan kepada perusahaan yang ingin dituju atau perusahaan di mana Sobat ingin bekerja. Melamar pekerjaan sendiri menjadi pekerjaan yang melelahkan bagi beberapa orang karena di sinilah kesabaran Sobat diuji untuk bisa melakukan lamaran ke setiap perusahaan yang dituju. Karena bisa jadi pekerjaan Sobat tidak diterima atau terlalu banyak orang yang melamar dalam posisi yang sama di satu perusahaan. Sedangkan perusahaan hanya membutuhkan kurang lebih 2-3 orang saja untuk bisa bekerja.

 

Untuk itu banyak trik dan tips yang bisa dilakukan, salah satunya dengan menggunakan surat lamaran pekerjaan yang menarik dan berisi informasi yang bagus. Karena pegawai perusahaan tersebut belum pernah bertemu Sobat. Maka lebih baik jika Sobat bisa mengemas contoh surat lamaran kerja lebih dari sebuah informasi yang hanya berisikan tentang kondisi Sobat. Tetapi, Sobat juga bisa mengemas informasi diri menjadi lebih bagus dan lebih berkualitas. Surat lamaran juga bisa menunjukkan karakter dan kualitas seseorang.

 

Tips dalam Membuat Surat Lamaran Kerja

 

Di bawah ini tips yang bisa kamu ingat-ingat saat membuat surat lamaran pekerjaan sehingga bisa menambah nilai jual:

 

1. Pastikan menggunakan bahasa yang baik dan benar. Sobat harus menggunakan bahasa yang resmi.

 

2. Gunakan kata yang sopan namun resmi. Hal ini karena Sobat akan membuat surat secara resmi ke sebuah perusahaan. Jangan menggunakan bahasa gaul ataupun menggunakan bahasa daerah yang tidak akan dimengerti.

 

3. Jangan bertele-tele dan gunakan format penulisan yang tersusun rapi dan sesuai dengan ketentuan surat lamaran kerja.

 

4. Hendaknya ditulis secara manual agar perusahaan dapat menilai tulisan tangan Sobat.

 

5. Lengkapi dengan data-data yang dibutuhkan sesuai dengan data pribadi atau data asli yang nantinya akan digunakan oleh perusahaan tempat Sobat melamar kerja.

 

6. Lampirkan surat pendukung lainnya seperti sertifikat pengalaman kerja. Dengan begitu Sobat menunjukkan memiliki kelebihan yang orang lain tidak miliki.

 

Format Resume

 

Umumnya dalam surat lamaran kerja ada sebuah resume dan ijazah yang harus ada dalam satu paket. Sehingga mempermudah pegawai perusahaan dalam mengenali Sobat. Dalam membuat format penulisan resume, perlu dipastikan bahwa hal-hal yang ada di bawah ini ada di surat lamaran kerja Sobat:

 

1. Tempat dan tanggal penulisan

 

2. Perusahaan yang dituju

 

3. Salam hormat

 

4. Kata pengantar

 

5. Biodata pribadi

 

6. Pengalaman kerja dan skill

 

7. Penutup

 

Contoh Surat Lamaran Kerja:

 

Contoh 1

 

Yogyakarta, 10 Desember 2018

 

Kepada Yth.

 

Kepala bagian Personalia THE BUNDAR

 

Jl. Bunga Mawar No. 123 Yogyakarta

 

 

Dengan Hormat,

 

Bersama dengan Surat lamaran pekerjaan ini, saya mengajukan diri agar bisa bergabung di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Saya yang menulis surat ini.

 

 

 

N a m a : Antika Dwi Permata

Alamat : Jl. Bunga Matahari no 98

Tempat dan Tanggal Lahir : Madiun, 4 Januari 1990

Jenis Kelamin : Perempuan

Pendidikan Terakhir : SMA

No Telp : 0812 3467 8790

 

Sebagai bahan untuk pertimbangan, saya melampirkan:

 

Pas foto 4 x 6 2 lembar

Daftar Riwayat Hidup

Foto Copy Kartu Tsobat Penduduk

Foto Copy Surat Izin Mengemudi

Foto Copy Kartu Keluarga

Foto Copy Ijazah Terakhir

 

Sungguh besar harapan saya agar dapat bekerjasama dengan perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Maka dengan ini saya akan menerima segala tahap pengujian. Atas perhatiannya Bapak/Ibu pimpinan berikan, saya ucapkan banyak terima kasih.

 

 

 

Hormat Saya

 

(Antika Dwi Permata )

 

 

Contoh 2

 

 

Kepada YTH

 

HRD Bank Mandiri Cabang Malang

Jln. Kawi Kav. V Malang

 

 

Dengan hormat,

 

 

 

Seperti halnya dengan informasi yang ada pada lowongan kerja di Bank Mandiri

Berikut data singkat saya:

 

Nama : Sabilatul Masyithoh Sutendi

Tempat/Tanggal Lahir : Yogyakarta, 24 Juli 1987

Alamat : Jl. Merpati Putih no. 23B

No. Hand phone : 081234679017

Status : Lajang

Pendidikan Terakhir : Strata satu

 

Saya memiliki keinginan untuk mengajukan permohonan pada posisi customer service. Saya juga melampirkan beberapa berkas untuk bahan pertimbangan.

 

1. Daftar Riwayat Hidup ( Curriculum Vitae )

 

2. Foto copy Transkrip Nilai

 

3. Foto copy ijazah S-1

 

4. Foto copy KTP

 

5. Pasfoto 4 x 6 terbaru

 

Demikianlah surat lamaran yang telah saya buat ini. Saya sangat berharap untuk bisa bekerja dalam perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Saya berjanji akan bekerja dengan sebaik mungkin seperti apa yang diharapkan oleh Bank MANDIRI.

 

 

 

Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat Saya

 

( Sabilatul Masyithoh Sutendi )

 

Itulah beberapa contoh yang bisa Sobat ikuti untuk membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar sesuai dengan ketentuan. Hal yang perlu Sobat ingat adalah surat lamaran yang menarik selain sesuai ketentuan akan menjadi pilihan yang banyak dipilih atau difavoritkan. Namun perlu Sobat ketahui bahwa menarik bukan berarti Sobat hias layaknya anak TK. Sekarang ini teknologi sudah semakin canggih, jika memungkinkan, Sobat mendesainnya menggunakan layout ataupun desain khusus.

 

Surat lamaran yang menarik akan memberi peluang yang lebih besar untuk mendapat perhatian bagi para pimpinan perusahaan pencari kerja atau minimal pegawai yang ditugaskan perusahaan untuk mencari pegawai baru seperti manager dan HRD. Jika bisa menunjukkan bakat dan kemampuan ketika melamar kerja, maka Sobat akan memiliki kesempatan emas untuk menampilkan siapa diri dan bagaimana diri Sobat sebenarnya. Sehingga peluang untuk dipanggil sesi wawancara sangatlah besar. Kenapa bisa begitu dan seberapa besar peluang untuk mendapatkan pekerjaannya? Jawabannya akan sangat besar tentu saja. Karena ada juga perusahaan yang menilai bukan hanya dari skill saja melainkan juga dari sikap (attitude) yang dimiliki dan bagus tidaknya surat lamaran kerja yang dimiliki.


Baca juga :