Inilah, Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Agar Kamu Cepat Diterima.
Pekerjaan merupakan salah satu tujuan banyak orang setelah menempuh pendidikan bertahun-tahun. Dari pekerjaan Sobat akan mendapatkan gaji, penghasilan, jabatan, karier bahkan pasangan.
Bisa dikatakan bahwa pekerjaan yang tentu saja memberikan kualitas yang bagus bisa membawa masa depan Sobat menjadi lebih baik dan cerah.
Banyak masyarakat Indonesia bahkan di dunia membekali diri dengan berbagai pelajaran yang ada dan ilmu yang ditempa sedalam-alamnya agar bisa bekerja dan mendapatkan lahan pekerjaan yang luar biasa bagus dan berkualitas. Sayangnya banyak orang yang masih terkendala akan lamaran atau proses melamar pekerjaan.
Apa itu Melamar
Pekerjaan dan Lamaran Pekerjaan?
Bagi Sobat yang baru saja lulus sekolah dan masih belum paham, melamar pekerjaan merupakan sebuah kegiatan yang sudah pasti dilakukan orang yang sedang mencari pekerjaan. Sobat melakukan penawaran diri terhadap kompetensi yang dimiliki atau pada sebuah perusahaan. Hal tersebut bisa dituangkan dalam sebuah kertas resmi atau dokumen resmi yang ditsobattangani dan proses wawancara.
Umumnya lamaran ini diberikan kepada perusahaan yang ingin dituju atau perusahaan di mana Sobat ingin bekerja. Melamar pekerjaan sendiri menjadi pekerjaan yang melelahkan bagi beberapa orang karena di sinilah kesabaran Sobat diuji untuk bisa melakukan lamaran ke setiap perusahaan yang dituju. Karena bisa jadi pekerjaan Sobat tidak diterima atau terlalu banyak orang yang melamar dalam posisi yang sama di satu perusahaan. Sedangkan perusahaan hanya membutuhkan kurang lebih 2-3 orang saja untuk bisa bekerja.
Untuk itu banyak trik dan tips yang bisa dilakukan, salah satunya dengan menggunakan surat lamaran pekerjaan yang menarik dan berisi informasi yang bagus. Karena pegawai perusahaan tersebut belum pernah bertemu Sobat. Maka lebih baik jika Sobat bisa mengemas contoh surat lamaran kerja lebih dari sebuah informasi yang hanya berisikan tentang kondisi Sobat. Tetapi, Sobat juga bisa mengemas informasi diri menjadi lebih bagus dan lebih berkualitas. Surat lamaran juga bisa menunjukkan karakter dan kualitas seseorang.
Tips dalam Membuat Surat Lamaran Kerja
Di bawah ini tips yang bisa kamu ingat-ingat saat membuat surat lamaran pekerjaan sehingga bisa menambah nilai jual:
1. Pastikan
menggunakan bahasa yang baik dan benar. Sobat harus menggunakan bahasa yang
resmi.
2. Gunakan kata yang
sopan namun resmi. Hal ini karena Sobat akan membuat surat secara resmi ke
sebuah perusahaan. Jangan menggunakan bahasa gaul ataupun menggunakan bahasa
daerah yang tidak akan dimengerti.
3. Jangan bertele-tele
dan gunakan format penulisan yang tersusun rapi dan sesuai dengan ketentuan
surat lamaran kerja.
4. Hendaknya ditulis
secara manual agar perusahaan dapat menilai tulisan tangan Sobat.
5. Lengkapi dengan
data-data yang dibutuhkan sesuai dengan data pribadi atau data asli yang
nantinya akan digunakan oleh perusahaan tempat Sobat melamar kerja.
6. Lampirkan surat
pendukung lainnya seperti sertifikat pengalaman kerja. Dengan begitu Sobat
menunjukkan memiliki kelebihan yang orang lain tidak miliki.
Format Resume
Umumnya dalam surat lamaran kerja ada sebuah resume dan ijazah yang harus ada dalam satu paket. Sehingga mempermudah pegawai perusahaan dalam mengenali Sobat. Dalam membuat format penulisan resume, perlu dipastikan bahwa hal-hal yang ada di bawah ini ada di surat lamaran kerja Sobat:
1. Tempat dan tanggal
penulisan
2. Perusahaan yang
dituju
3. Salam hormat
4. Kata pengantar
5. Biodata pribadi
6. Pengalaman kerja
dan skill
7. Penutup
Contoh Surat Lamaran Kerja:
Contoh 1
Yogyakarta, 10 Desember 2018
Kepada Yth.
Kepala bagian Personalia THE BUNDAR
Jl. Bunga Mawar No. 123 Yogyakarta
Dengan Hormat,
Bersama dengan Surat lamaran pekerjaan ini, saya mengajukan diri agar bisa bergabung di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Saya yang menulis surat ini.
N a m a : Antika Dwi Permata
Alamat : Jl. Bunga Matahari no 98
Tempat dan Tanggal Lahir : Madiun, 4 Januari 1990
Jenis Kelamin : Perempuan
Pendidikan Terakhir : SMA
No Telp : 0812 3467 8790
Sebagai bahan untuk pertimbangan, saya melampirkan:
Pas foto 4 x 6 2 lembar
Daftar Riwayat Hidup
Foto Copy Kartu Tsobat Penduduk
Foto Copy Surat Izin Mengemudi
Foto Copy Kartu Keluarga
Foto Copy Ijazah Terakhir
Sungguh besar harapan saya agar dapat bekerjasama dengan perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Maka dengan ini saya akan menerima segala tahap pengujian. Atas perhatiannya Bapak/Ibu pimpinan berikan, saya ucapkan banyak terima kasih.
Hormat Saya
(Antika Dwi Permata )
Contoh 2
Kepada YTH
HRD Bank Mandiri Cabang Malang
Jln. Kawi Kav. V Malang
Dengan hormat,
Seperti halnya dengan informasi yang ada pada lowongan kerja di Bank Mandiri
Berikut data singkat saya:
Nama : Sabilatul Masyithoh Sutendi
Tempat/Tanggal Lahir : Yogyakarta, 24 Juli 1987
Alamat : Jl. Merpati Putih no. 23B
No. Hand phone : 081234679017
Status : Lajang
Pendidikan Terakhir : Strata satu
Saya memiliki keinginan untuk mengajukan permohonan pada posisi customer service. Saya juga melampirkan beberapa berkas untuk bahan pertimbangan.
1. Daftar Riwayat Hidup ( Curriculum Vitae )
2. Foto copy Transkrip Nilai
3. Foto copy ijazah S-1
4. Foto copy KTP
5. Pasfoto 4 x 6 terbaru
Demikianlah surat lamaran yang telah saya buat ini. Saya sangat berharap untuk bisa bekerja dalam perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Saya berjanji akan bekerja dengan sebaik mungkin seperti apa yang diharapkan oleh Bank MANDIRI.
Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.
Hormat Saya
( Sabilatul Masyithoh Sutendi )
Itulah beberapa contoh yang bisa Sobat ikuti untuk membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar sesuai dengan ketentuan. Hal yang perlu Sobat ingat adalah surat lamaran yang menarik selain sesuai ketentuan akan menjadi pilihan yang banyak dipilih atau difavoritkan. Namun perlu Sobat ketahui bahwa menarik bukan berarti Sobat hias layaknya anak TK. Sekarang ini teknologi sudah semakin canggih, jika memungkinkan, Sobat mendesainnya menggunakan layout ataupun desain khusus.
Surat lamaran yang menarik akan memberi peluang yang lebih besar untuk mendapat perhatian bagi para pimpinan perusahaan pencari kerja atau minimal pegawai yang ditugaskan perusahaan untuk mencari pegawai baru seperti manager dan HRD. Jika bisa menunjukkan bakat dan kemampuan ketika melamar kerja, maka Sobat akan memiliki kesempatan emas untuk menampilkan siapa diri dan bagaimana diri Sobat sebenarnya. Sehingga peluang untuk dipanggil sesi wawancara sangatlah besar. Kenapa bisa begitu dan seberapa besar peluang untuk mendapatkan pekerjaannya? Jawabannya akan sangat besar tentu saja. Karena ada juga perusahaan yang menilai bukan hanya dari skill saja melainkan juga dari sikap (attitude) yang dimiliki dan bagus tidaknya surat lamaran kerja yang dimiliki.
Baca juga :
- Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Agar Kamu Cepat Diterima.
- Cara Internet Gratis Semua Kartu Operator Tanpa Kuota di Hp Android
- Cara Ternak Sapi Tanpa Ngarit Dengan Pakan Alternatif Yang ada disekitar kita.
- 4 FAKTOR PENYEBAB TURUNNYA TRAFFIC TOKO SHOPEE
- 4 FAKTOR PENYEBAB TURUNNYA TRAFFIC TOKO SHOPEE
- Faktor Yang mempengaruhi Algoritma Halaman Pencarian Produk Shopee Terbaru di tahun 2022
- Bahas Tuntas Tips Cara Bisnis Online Dropshipper Pemula , Dari Nol Sampai Sukses !
0 Komentar