Istilah sales funnel sering sekali muncul di kalangan marketing apalagi bila sobat bergerak dibidang digital marketing, tentunya mungkin sobat dudah tidak asing dengan istilah tersebut akan tetapi mung sobat sendiri belum mengetahui secar rinci apaitu sales funnel atau sering di sebut juga funneling.
disini saya akan mencoba menjelaskan apa yang saya ketahui mengenai sales funnel dengan sesingkat mungkin agar mudah sobat pahami.
sales funnel atau funneling adalah setiap tahapan dan upaya yang kita lakukan agar mendapatkan interaksi dari market hingga mereka menjadi konsumen loyal kita nah tahapan itulah yang di sebut funnel.
dengan membuat sales funnel atau funneling artinya kita berusaha merangsang interaksi calon pelanggan atau market agar melakukan suatu tindakan yang nantinya mereka akan kita giring membeli sebuah produk,jasa,atau layanan yang akan kita tawarkan.
sebenarnya tekni ini sudah banyak di lakukan hanya saja istilah sales funnel baru marak digunakan akhir -akhir ini setelah pesatnya dunia digital.
sebenarnya sobat sendiri pasti sering melihat cotohnya namun dalam bentuk bisnis konvensional. sebagai cobtoh mungkin sobat pernah melihat seorang sales atau marketing menyodorkan sebuah brosur sehingga sobat membaca brosur tersebut dan ingin mengetahui lebih lanjut tentang apa yang mereka tawarkan.
dalam satuy kasus misalnya sobat sedang mengingkan sepedah motor baru kemudia sobat ditawarkan sebuah brosur oleh marketing salah satu dealer , setelah itu sobat berminat dan mendatangi dealer tersebut, disana sobat melakukan interksi dengan marketing dan pasti sobat ditawarkan berbagai macam promo yang akhirnya sobat ertarik untuk membeli sepedah motor dari dealer tersebut.
metodelogi sales funnel terbukti lebih ampuh di bandingkan sobat langsung membual menawarkan sebuah produk layanan atau jasa, karena kebanyakan orang akan merasa tidak nyaman ketika di tawarkan bahkan di paksakan membeli produk yang ia sendiri tidak begitu inginkan atau butuhkan.
oleh karena itu di perlukan metodelogi sales funnel yang akan membatu sobat membangun interaksi dengan calon pelanggan agar mereka membeli produk yang sobat tawarkan, proses nya akan jauh lebih nyaman di mata calon konsumen karena sobat menawarkan produk secara tidak langsung atau berangsur-angsur yang nantinya mereka sendiri yang memiliki keinginan lebih terhadap produk yang sobat tawarkan.
setelah sedikit prolog dari saya sekarang akan saya jelaskan lebih mendetail mengenai sales funnel.
Mengapa seorang marketing perlu menggunakan sales funnel ?
sales funnel sangatlah penting karena dengan menerapkan sales funnel sobat dapat mengetahui respon dari calon pelanggan mengenai produk yang nantinya akan sobat tawarkan. tahapan itulah yang akan membuka celah sobat untuk lebih mengenal calon pelanggan sobat , sehinggal sobat bisa melakukan improvisasi yang tepat dalam menawarkan produk yang sobat jual.
Bagaimana cara melakukan funneling ?
dapat dilihat dari gambar itulah tahapan funnel attetion atau berusah menarik perhatian untuk mendapatkan sebuah lead atau bisa disebut dengan kunjungan, setelah itu mulai lah bangun sebuah interest atau minat dari calon pelanggan terhadap produk yang akan sobat tawarkan, harapan atau goalnya adalah menghasilkan sebuah desire atau rasa ingin memiliki dari calon pelanggan terhadap produk yang sobat tawarkan, dengan harapan dan tujuan mereka melakukan sebuah action atau tindakan untuk membeli produk tersebut.
Bagaimana cara mengaplikasikan sales funnel di dalam digital market?
selase funnel digital marketing secara organik ( gratisan atau tanpa iklan berbayar )
sebelum melakukan hal ini sobat harus memiliki syarat utamayang harus ada dalam proses funnel di dunia digital marketing, syarat yang pertama yaitu sobat harus memiliki sebuah produk , yang kedua sobat memiliki akun sosial media yang aktif.
untuk caranya sebenarnya cukup simple akan tetapi terasa sulit apabila sobat belum pernah mencobanya gambarannya ada di gambar paling atas dari artikel ini, namun agar lebih jelas akan saya paparkan secara mendetail dengan bahasa yang sesederhana mungkin.
- mulailahmembangun sebuah kolam dalam artian market misal media sosial yangsobat gunakan adalah facebook, cobalah sobat kenali orang seperti apa yang sekirang membutuhkan produk atau jasa layanan yang akan sobat tawarkan dengan cara, memasuki forum atau grup yang sesuai dengan target calon pelanggan yang akan sobat tuju, setelah itu mulai tambahkan pertemanan.
saya beri contoh misalkansobat menjual bibit tanaman , maka yang perlu sobat lakukan adalah dengan cara mencari grup tentang tanaman setelah itu mulailah tambahakan pertemanan anggota yang sobat rasa memiliki potensi untuk membeli produk sobat, tambhakan banyak pertemanan dari banyak grup.
- tahapan selanjutnya buat lah sebuah konten yang menarik sesuai atau selaras dengan produk yang sobat jual , apabila sobat menjual bibit maka tentunya berikan edukasi seputar tanaman dengan harapan mereka melakukan sebuah interaksi.
- apabila setelah memberikan konten edukasi tidak berdampat terhadap interaksi mereka mulailah bangun interaksi tersebut , namun perlu dicatatat jangan sampai sobat menawarkan produk terlebih dahulu yangbisa sobat lakukan adalah dengan menyapa mereka atau berinteraksi terhadap feed mereka dengan cara like , share and komen :)
maksud hal disini agar target market merasa lebih nyaman dan dekat dengan sobat dengan harapan mereka berinteraksi terhadaop konten edukasi yang sobat berikan tadi jika belum terus ulangi tahapan ini hingga mereka melakukan interkahsi minimal like sahre konten edukasi yang sobat berikan.
- membuat sebuah leanding page, harapan saya sobat sudah mengetahui apa itu yang di maksud leading page apabila belum mengetahui silahkan komentar dibawah insyallah akan saya jelaskan pada artikel yang selanjutnya.
- mulailah kolaborasikan konten dan leading page tadi, maksudnya buatlah sebuah konten yang memberikan navigasi ke halaman leanding page yang sobat siapkan.
- nah masuklah ketahapan akhir ,pastikan leading page yang sobat buat berbuah konversi terhadap penjualan , tambahkan link di leading page sobat yang mengarah kan mereka untuk berinteraksi dengan sobat secara langsung, misal tombol chat whatsapp.
selase funnel bisnis online dengan menggunakan iklan berbayar
untuk teknik yang satu ini sebenarnya masih sama dengan teknik yang organik akan tetapi dengan mengukan teknik iklan berbayar sobat akan lebih mudah menjangkau calon pelanggan tanpa harus mencari mereka pada grup grup tertentu. akan tetapi cara ini hanya cocok untuk sobat yang sudah memiliki budget dalam mekakukan sebuah iklan.
ininya tekniknya sama saja jelasnya sobat hanya perlu mengiklankan sebuah konten yang menarik sesuai dengan produk jasa dan layanan yang sobat tawarkan kepada calon pelanggan yang sobat inginkan dengan cara menargekannya sesuai dengan kebiasaan merek,kata kunci,lokasi dan lain sebagainya. selanjutnya konversikan konten tadi menuju kepada sebuah leading page sehingga tahapannya seperti tahapan tadi di metode organi atau gratisan.
dari 2 teknik tadi ( organi dan berbayar ) yang harus sobat lakukan adalah mengaudit dan menganalsis setiap tahapan apakah hal tersebut berjalan dengan baik atau belum, keunggulan melakukan sales funnel di dunia digital adalah sobat lebih mudah mengetahui bagia mana yang perlu di perbaiki apakah konten atau leanding page nya sendiri atau bisa jadi marketnya yang kurang tepat , hal itu akan mudah dilakukan dengan digital marketing karena kita besa melihatnya melaui data konversi.
mungkin itu dia mengenai sales funnel atau funneling dalam bisnis online di dunia digital marketing, semoga artikel yang sederhana ini dapat mudah d pahami oleh sobat , yang harapannya bisa bermanfaat terhadap bisnis sobat .
0 Komentar